Seminar on Sulawesi Mineral Resources (SMR) 2011

2.  Seminar on Sulawesi Mineral Resources (SMR) 2011

Agenda Seminar ini adalah Agenda Tahunan MGEI, setelah sebelumnya dilakukan Sumatera Metallogeny at Glance (2009), Kalimantan Coal and Mineral Resources (Balikpapan, 2010) dan tahun 2011 ini diadakan di  Sintesa Peninsula Hotel, Menado pada tanggal 28 dan 29 November (Seminar) dan 30 Nov – 1 Des (Field Trip) dengan tema Sulawesi Mineral Resources – 2011. (*Agenda Acara).

Seminar berlangsung diikuti oleh 203  peserta  (dari industry pertambangan, lembaga pemerintah, perguruan tinggi). Kemudian disusul 17 presentasi ilmiah selama 2 hari. Dari 17 paper ilmiah, 12 berasal dari sector mineral, 2 dari sector endapan lateritic, 1 dari batubara, 1 dari bijih besi dan 1 dari asphalt.  Dimana 17 paper ini terdiri dari 4 paper bersifat umum dan 13 paper bersifat “local” (prospect/ tambang) yang mewakili (berasal dari) seluruh Sulawesi. Terlihat antusiasme peserta yang selalu bertahan sampai acara berakhir selepas jam 17.00 setiap harinya.

Selain presentasi ilmiah, dalam Seminar on Sulawesi Mineral Resources juga menghadirkan Luncheon Talk Soroako Old Days Pictures Presentation Narrative” (*). oleh Bapak BN Wahyudan Evening Talk “The Giant OyuTolgoi Porphyry Copper Deposit, South Gobi, Mongolia” (*) oleh Mr Doug Kirwin.

Ringkasan hasil seminar Sulawesi Mineral Resources ini dapat dilihat disini(*).

Field trip juga berlangsung baik dan sukses ditunjukkan dengan antusiasme yang tinggi dari seluruh peserta.  Field trip dilaksanakanpadatanggal 30 Nov – 1 Des 2012 dan berlangsung di 2 (dua) tempat :

  1. HS EphitermalLanut, Avocet Bolaang Mongondowdan Mine Closure Newmont Minahasa Raya, diikuti oleh 28 peserta dengan trip leader Nurcahyo Indra Basuki (TG ITB)
  2. LS Ephitermal Tokatindung, MSM dan Lahendong Geothermal Field , dengan trip leader Mega Rosanna (TG UNPAD)