Laporan "MGEI Goes To Unsoed" Oleh HMTG Unsoed

  1. Kegiatan

Stadium General dan Ekskursi (Fieldtrip)

  1. Laporan Pelaksanaan Kegiatan

-   Gambaran Umum

HMTG “dr. Bumi” UNSOED menyelenggarakan acara Studium General dan Ekskursi (Fieldtrip).

Acara ini merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Unsoed khususnya Divisi Pendidikan yaitu acara kuliah Umum ( Studium General) dan Fieldtrip. Atas hasil diskusi panitia sebelum diadaknnya kegiatan panitia menyepakati bahwa dalam Kuliah Umum dan Fieldtrip HMTG “dr.Bumi” UNSOED akan mendatangkan  pemateri dari LUAR UNSOED pada saat itu terpilihlah bapak Ir.sukmandaru Prihatmoko M,Sc sebagai pilihan pertama untuk jadi pemateri di dalam Kuliah umu dan fieldtrip karena Beliau pernah menulis tentang mineralisasi jawa tengah khususnya daerah ajibarang dan sekitarnya. Akhirnya dari panitia segera menghubungi beliau di tengah kesibukan beliau menyetuji acara tersebut pada bulan maret tepatnya tanggal 14 dan 15 maret. Beliau juga menawarkan kerjasama karena berkaitan juga dengan kegiatan MGEI goes to campus. Dan tempat yang di pilih bukan ajibarang karena untuk mineralisasi ajibarang tidak akan banyak tempat yang bisa di pakai untuk belajar mengenai Mineralisasi dan Alterasi, beliau menyarankan agar kegiatan dilaksanakn di daerah dieng dan petungkriyono namun karena di daerah petung kriyono akses untuk mobil besar seperti bus Umum sangat sulit akhirnya atas kesepaktan panitia dan pihak pembicara tempat yang disetujui adalah dieng namun sebelumnya di adakan kuliah umum yang berkaitan dengan BRECCIA PIPE, DIATREME AND RELATED MINERALIZATION,  HYDROTHERMAl ALTERATION dan METODE EKSPLORASI GEOLOGI- HARDROCK.

  1. Acara dibuka oleh panitia dan sambutan dari ketua Program Studi teknik geologi UNSOED bapak  Drs. Gentur Waluyo M.Si kemudian dilanjutkan perwakilan dari MGEI sekaligus perkenalan MGEI oleh bapak Ir, Sukmandaru M.Sc kemudian dilanjutkan dengan kuliah pertama dengan materi BRECCIA PIPE, DIATREME AND RELATED MINERALIZATIONdari Bapak Ir. Sukmandaru M.sc selama satu jam dan 15 menit tanya jawab. Pada kuliah ini antusiasme mahasiswa teknik Geologi sangat besar hal tersebut dilihat dari banyaknya mahasiswa yang mengikuti kuliah bahkan panitia harus menambah kursi untuk peserta yang belum kebagian kursi, kuliah disampaikan secara interaktif dari pemateri kepada peserta kuliah yang memenuhi gedung kuliah, peserta sendiri ada yang serius memperhatikan ada yang hanya ikut ikutan saja dan banyak juga yang bingung karena baru pertama kalinya mendengar Brecia Pipe namun setelah dijelaskan oleh bapak Ir. Sukmandaru M.Sc secara gambling akhirnya beberapa mahasiswa sedikit mengerti tentang Brecia Pipe. Pada kuliah ini dijelaskan mengenai terbentuknya pipa breksi, jenis jenis pipa breksi dari mulai Magmatic hydrothermal breccias incl. Collapse breccias, Phreatomagmatic breccias dan Phreatic breccias. Dan sedikit juga di ulas mengenai tipe daerah dieng untuk fiedtrip keesokan harinya.

Dilanjutkan oleh kuliah kedua tentang hydrothermal Alteration yang dibawakan oleh bapak Ir Bronto Sutopo. Pada kuliah ini tidak kalah menarik dengan kuliah pertama walaupun sebagian mahasiswa sudah pernah belajar tentang alterasi hidrotermal namun mahasiswa tetap menyimak materi ini dengan serius dalam kuliah ini dijelaskan tentang tipe alterasi, teksture batuan yang teralterasi, halo dan vein dan contoh kasus daerah daerah yang mengalami alterasi. Pa Bronto juga menyajikan materi dengan interaktif dengan cara mengundang mahasiswa untuk menjelaskan atau menjawab pertanyaan yang beliau ajukan dan jika bisa menjawab dengan tepat akan di beri kenang kenangan yang beliau bawa berupa topi lapangan. Dilanjutkan dengan kuliah terakhir yang dibawakan oleh bapak Yoseph Herwindo Paskarino  dengan materi kuliah metode eksplorasi Geologi- Hardrock pada kuliah kali ini tidak kalah seru dengan kuliah kuliah sebelumnnya karena disini adalah bagian yang paling penting untuk melakukan eksplorasi. Pak Yoseph menjelaskan secara rinci mengenai tahapan tahapan eksplorasi dan apa saja yang harus dipersipakan untuk melakukan eksplorasi. Dari lapangan sampai analisis laboratorium juga beliau jelaskan. Beliau juga menjelaskan mengenai pemetaan geologi yang mendukung eksplorasi. Pada hari pertama kuliah ditutup dengan kuliah dari bapak Yoseph Herwindo.

Hari kedua

Acara pada Hari kedua adalah fieldtrip ke dieng bersama MGEI. Sebanyak 50 orang mahasiswa Teknik geologi UNSOED mengikuti FIELDTRIP bersama ini. Acara dimulai dari pemberngkatan pukul 07.00 dari kampus Teknik Geologi UNSOED PURBALINGGA dengan menggunakan dua Bus berkapasitas 25 orang setiap Busnya. Dan 2  mobil kecil untuk pembicara dan sebagian panitia. Menempuh perjalanan 3 jam dan medan yang lumayan berkelok kelok akhirnya Rombongan tiba di dieng pukul 10.15 WIB dan langsung disambut oleh Kepala UPTD wisata Dieng Banjarnegara rombongan disambut dengan baik oleh Kepala UPTD sebagai ucapan selamat datng dan memperkenalkan wisata Dieng yang cukup menarik untuk berrekreasi atau ajang untuk belajar Kebumian disana. Rombongan juga mendapat pengarahan dari Pihak Mitigasi Bencana Geologi dan Vulkanologi daerah dataran tinggi dieng yaitu pa tunut. Beliau memberi pengarahan tentang daerah daerah yang bagus untuk dijadikan sarana untuk belajar kebumian yaitu diantarany kawah Sikidang, Kawah Sileri, Telaga warna, kawah candradimuka dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu juga ada tamu dari UGM tepatnya mahasiswa UGM yang mengambil Tugas Akhir di sekitar dataran tinggi dieng yaitu mba Kartika Palupi Savitri, Fx Chandra Prasetyo, Rosyid Naafianto. Ketiganya mengambil tugas akhir mengenai Panas bumi daerah dieng yang di tinjau dari berbagai sudut pandang geologi. Dan mereka juga sedikit mempersentasikan mengenai dataran tinggi dieng secara umum.

  1. Waktu menunjukan pukul 12.00 tiba saatnya untuk mengunjungi lokasi Fieldtrip pertama yaitu Kawah Sikidang. Dengan di pandu langsung Oleh bapak Sukmandaru, bapak Bronto Sutopo dan bapak Siswandi juga tak lupa mahasiswa UGM yang melakukan tugas akhir didaerah dieng. Kami di bombing dengan materi active hydrothermal System. Juga mengamati langsung keadaan kawahnya melihat kenampakan dari pumarola dan solfatara. Melihat dari dekat kawah yang berisikan air dan lumpur. yang belum diketahui tipe Phreatomagmatic breccias dan Phreatic breccias menurut pemateri. Harus dikaji lebih dalam lagi.

Selesai di pengamatan pertama kita langsung menuju ke lokasi ke dua yaitu telaga warna yang berada kurang lebih 1 km dari kawah sikidang namun sebelumnya rombongan tidak lupa unutk melaksanakan kewajiban yaitu sholat dan kemudian dilanjutkan dengan makan siang. Di telaga warna di jelaskan tentang spot yang biasanya mengeluarkan gas. Dijelaskan juga tentang sistem panas bumi di tempat lain yang tidak bisa kita kunjungi karena waktu sudah terlalu sore.

Setelah dari telaga warna kita langsung kembali ke pendopo soeharto whitelem tempat pertama kali kita berkumpul. Untuk berpamitan dengan kepala UPTD wisata dataran tinggi dieng banjarnegara disana juga ada penyerahan simbolis kenang – kenangan dari panitia kepada MGEI yang telah membantu acara ini dengan baik. Acara pun selesai tiba saatnay untuk peserta pulang namun sebelum itu tidak lupa untuk berfoto-foto.

Bagi kami acara ini sangat bermanfaat sebagai acara yang seharusnya rutin dilaksanakan, karena tidak semua materi bisa disampaikan di dalam acara perkuliahan dengan adanya acara in kita bisa mengenal lebih jauh kondisi nyata dilapangan bahwa akan selalu ada ilmu ilmu atau kajian kajian baru tentang keilmuan khususnya ilmu geologi. Kami atas nama panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada pihak pihak yang membantu mensukseskan acara ini yang pertama kepada MGEI ( Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia) kepada bapak Sukmandaru yang telah membantu acara kami dari awal perencanaan sampai selesainya acara terimakasih atas dukungan yang diberikan. Tak lupa kepada pak Bronto Sutopo, Pak Yoseph Herwindo Paskarino sebagai pengisi materi mudah mudahan apa yang telah disampaikan dapat kami serap dengan baik guna bekal kami di masa yang akan datang. Tak lupa juga kepada bapak Ari Zardi Dahlius yang telah memberikan kami dukungan walpun bapak tidak bisa Hadir namun dukungan dari bapak sangat bermanfaat bagi kami. Kepada bapak Gentur waluyo sebagai Kaprodi TEKNIK GEOLOGI UNSOED kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan telah memberikan kami izin untuk mengadakan acara ini. Kepada bapak Siswandi sebagai Dosen yang setia membimbing kami dari awal acara sampai akhir acara. Kepada rekan rekan panitia terima kasih atas kerjasamanya mensukseskan acara ini dan tak lupa kepada mba dan Mas dari UGM yang telah membimbing kami selama berjalnnya ekskursi, untuk yang terakhir terima kasih kepada Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi “dr. Bumi” UNSOED yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan kali ini mudah mudahan kita semua bisa mengambil sesuatu yang baik pada acara ini dan mudah mudahan juga acara ini bisa terus dilaksanakan kedepannya.

Salam Paniti Kuliah Umum dan Filedtrip Bersama MGEI

“Kami Hidup dari Bumi Untuk Bumi Sampai Mati”

  • Tujuan
  1. Memberikan pengetahuan tentang sistem hidrotermal, khususnya yang berkaitan dengan diatreme dan produknya kepada mahasiswa Teknik Geologi UNSOED.
  2. Mengajak  mahasiswa Teknik Geologi UNSOED untuk lebih memahami tentang alterasi hidrotermal.
  3. Memberikan pemahaman pentingnya sistem hidrotermal dalam suatu eksplorasi.
  • Waktu

Hari/Tanggal         : Rabu14Maret2012– Kamis 15 Maret 2012
Tempat                   : Lokasi lapangan panas bumi Dieng (Kawah Sikidang dan Telaga Warna)

  • Realisasi

Terlaksana

  • Hambatan

Perijinan yang rumit, sebab mengubah jadwal kuliah sehingga harus meminta izin dosen pengampu mata kuliah untuk perubahan jadwal.

  • Rekomendasi

Diharapkan kepengurusan tahun depan dapat mengadakan kegiatan ekskursi (fieldtrip) di daerah dengan potensi geologi di sekitar wilayah UNSOED kembali. Dengan mengundang pembicara yang berkompetensi dalam bidangnya masing-masing.