Kartini Day MGEI

Laporan Pandangan Mata & Gambar
Kegiatan MGEI Goes to Unsoed 9-10 April 2012

Dalam rangka melaksanakan program kerja MGEI (Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia) yaitu berbagi pengetahuan oleh para professional/ praktisi geologi ekonomi (explorationist) Indonesia kepada mahasiswa geologi Indonesia, telah berlangsung dengan baik program “MGEI goes to Undip” pada tanggal 09 – 10 April 2012 dengan agenda

  1. Kuliah Umum oleh praktisi / profesional MGEI tentang aspek teknis dan non teknis eksplorasi mineral (09 April 2012)
  2. Field trip ke Ungaran (Gedongsongo) tentang manifestasi geothermal/ epithermal (10 April 2012).

 

Kuliah Umum MGEI Senin 9 April 2012

1. Briefing

Kegiatan Kuliah Umum oleh para geologiwati MGEI diawali dengan pertemuan singkat di ruang rapat lantai III Gedung Pertamina Sukowati, Teknik Geologi Universitas Diponegoro Semarang.

2. Kulum

Kuliah Umum (Kulum) dilaksanakan di ruang kelas lantai III Gedung Pertamina Sukowati, Teknik Geologi Undip yang dimulai pada pukul 9 pagi dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia dilanjutkan dengan sambutan – sambutan (Ketua Jurusan, ketua Panitia, Ketua MGEI dan Sekjen IAGI).

Kuliah Umum dibagi 3 sesi masing-masing dipandu oleh calon geologiwati berprestasi dari TG Undip. Para Srikandi mempresentasikan materi yang telah disiapkan dan pada akhir setiap sesi ada sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Kuliah Umum diikuti oleh sekitar 50 mahasiswa dan mahasiswi Teknik Geologi Semester IV hingga Semester X, dan staff dosen yang diwakili Ketua Jurusan Geologi.

Di antara Sesi II dan III ada waktu untuk ISOMA (Istirahat – Sholat – Makan).

Sesi I
Dr. Mega Rosana - Unpad (Introduction to Mineral Deposit Model dan Gold-copper prospect in Indonesia)
Wulandari Mandradewi - Intrepid (Core logging practice)
Riana Muliani - Vale (ASD alteration mapping)

Sesi II
Naomi (Ida) Litaay - MMG (Database management in exploration)
Santy Chaeni Budianto - Antam (Acquisition process in mining company)

Sesi III
Prof. Emmy Suparka - ITB (Menjadi Geologist Perempuan Indonesia)
Ratih Nurrhliati - Nurruh Bumi Lestari (Geologist Enterpreneur).

Masing – masing geologiwati membagikan pengetahuan dan pengalamannya dengan gaya yang berbeda, sehingga materi yang bervariasi ini menjadi lebih menarik.

Di setiap sesi mahasiswa & mahasiswi antusias mendengarkan pemaparan para srikandi MGEI dan mengajukan pertanyaan bagi pemateri dalam suasana yang tidak kaku.  

Di sela-sela istirahat, mahasiswa yang tergabung dalam Tim Jurnalis Geologi Undip melakukan wawancara singkat dengan Ibu Prof Emmy Suparka dan kemudian diakhir kegiatan dengan Pak Sukamandaru selaku Ketua MGEI untuk majalah Geologi Undip - Pijar.

Semua presenter diberikan kenang-kenangan plakart Kuliah Umum Teknik Geologi Universitas Diponegoro yang diserahkan pada akhir setiap sesi oleh Bapak Ketua Jurusan.

3. Selesai Kulum

Acara Kuliah Umum diakhir dengan foto bersama MGEI dengan peserta kuliah umum. Mahasiswa dan mahasiswi yang akan mengikuti Field Trip ke Gedongsongo tinggal di ruangan untuk mendapatkan penjelasan dan berkoodinasi untuk kegiatan keesokan harinya

Para pemateri (srikandi MGEI) kemudian didampingi oleh panitia (mahasiswa) ke pusat kota Semarang untuk beli ole-ole khas Semarang di Jl Panandaran.

Pada malam harinya MGEI mengdakan makan malam bersama dan silaturahmi yang dihadiri oleh Staf Pengajar Teknik Geologi Undip yang diwakili Bapak Ketua Jurusan dan Bapak Baskoro, Sekjen IAGI Bapak Seno Aji  dan Ketua MGEI beserta semua pemateri Kulum (kecuali Wulan). Makan malam dilaksanakan di Rumah Makan Kampung Laut, Anjosmoro.

B. Field Trip MGEI Selasa 10 April 2012

 1. Briefing

Kegiatan Field Trip diawali dengan arahan dari panitia, Ketua Jurusan dan Ketua MGEI di halaman Gedung Pertamina Sukowati, TG Undip.

Rombongan Field Trip berangkat dari TG Undip sekitar pukul 8 pagi menggunakan 2 bis Univesitas Diponegoro dan tiba di lokasi Kompleks Candi Gedoongsongo, Ungaran pada ~ pukul 9:30 pagi.  Tim MGEI (Pak Daru, Ratih, Ida dan Wulan) menuju lokasi Field Trip 2 mobil kecil yang tiba di lokasi sebelum tibanya bis. Pemateri Field Trip Geothermal Dr. Agung Harijoko, Pakar Geothermal dan asisten (dari Universitas GajahMada) bertemu dengan Tim MGEI Goes to Undip dan diskusi singkat tentang acara di warung dekat lapangan parkir candi.

2. Field Trip Geothermal Gedongsongo , G. Ungaran

Kuliah di lapangan tentang System Geothermal dan Manisfestasinya oleh Dr. Agung Harijoko dimulai setelah semua peserta field trip berkumpul di lapangan parkir di depan kompleks Candi Gedongsongo setelah berjalan berjalan ~100-200m dari lapangan parkir bawah.

Aspek keselamatan (safety) juga disampaikan untuk berhati – hati terhadap, gas, suhu uap, lubang, tanah yang lunak, licin dll)

Kuliah dilakukan dengan alat peraga berupa peta, foto dan sketsa gambar berukuran A3 dan A4. Peserta field trip dengan antusias memperhatikan penjelasan Dr Agung. Beberapa pertanyaan diajukan oleh mahasiswa peserta fieldtrip setelah penjelasan Dr Agung ini.

Setelah penjelasan Dr Agung, rombongan bergerak menuju manifestasi geothermal G. Ungaran yang berada di dalam kompleks Candi Gedongsongo. Di beberapa tempat dalam kompleks Candi terlihat pekerjaan renovasi dan perbaikan. Ada juga pembuatan saluran air yang menyingkap batuan (vulkanik) di daerah ini.

Stop 1 – Overview Fumarol aktif

Lokasi pertama yang ditinjau adalah di lereng fomarol aktif Gedongsongo yang memperlihatkan manifestasi geothermal berarah Utara – Selatan.  Bentang alam secara umum juga dijelaskan tentang tebing yang terlihat, sungai-sungai kecil, dan stuktur umum di daerah volkani. Warna batuan (hitam dan Putih) dan bau yang merupakan ciri daerah fumarol juga dijelaskan.

Stop 2 – Fumarol aktif

Lokasi kedua yang ditinjau adalah daerah fumarol aktif dengan lubang geothermal yang mengepulkan gas dan uap air panas bersamaan dengan bunyi gemuruh dari semburan periodik. Penjelasan sistem geothermal oleh Dr Agung kemudian dilanjutkan dengan penjelasan analogi dan hubungan dengan sistem epithemal oleh Pak Daru.

Stop 3 – Fumarol yang sudah hampir mati – relict steaming ground

Lokasi ketiga yang yang di kunjungi adalah fomarol yang sudah tidak aktif namun masih menyisakan beberapa lubang yang masih panas dan mengeluarkan gas-uap. Di setiap lokasi yang ditinjau, penjelasan para ahli diikuti dengan sesi tanya jawab dimana para mahasiswa menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan system geothermal dan manifestasinya.

Kegiatan kunjungan ke lokasi manifestasi geothermal diakhiri dengan sambutan dan ucapan terima kasih dari dari panitia HMG Undip, Penyerahan Cinderamata (kepada Pemateri Fieldtrip Dr Agung Harijoko dan kepada MGEI yang diwakili Ketua Pak Daru) dan foto bersama.

3. Selesai Field Trip

Setelah kegiatan field trip, rombongan turun ke arah parkir bis dan makan bersama dirumah lesehan di kompleks Candi Gedongsongo.

Setelah makan siang Tim Field Trip MGEI Goes to Undip (Pak Daru, Ratih, Ida, Wulan, Dr Agung + asisten) berpamitan dengan rombongan mahasiswa TG Undip. 

C. Feedback

Feedback dari para mahasiswa:

  • Teman-teman mahasiswa sangat senang dengan adanya suasana baru, soalnya selama ini kuliah umum di Undip yang paling sering soal perminyakan, apalagi kemarin yang mengisi srikandi – srikandi geologi.
  • kegiatan MGEI Goes to Undip sangat baik dan puas sekali dengan acara kuliah umum dan field tripnya. Mudah2an MGEI “ga kapok main ke Undip” ya….

Feedback dari para pemateri:

  • organisasi yang rapih, ramah dan aktif dari panitia dan peserta Kulum-Fieldtrp (TG Undip)

 

Semarang 10 April 2012
Tim MGEI Goes To Undip