Menjadi saksi dan bagian dari MGEI 7th Annual Convention RDI 2015

Bagaimanapun situasinya, berapapun pesertanya, acara MGEI memang selalu SESUATU Banget!

Rekan MGEIers:

Lesunya dunia bisnis pertambangan di dunia dan tanah air tidak menyurutkan niat dan tekad MGEI untuk menghelat acara tahunannya kali ini di luar pulai Jawa, ya . . di Balikpapan. Perhitungan realistis tentu dilakukan untuk mengantisipasi jumlah dan animo para penggiatnya. Pesimistis? Sama sekali tidak! sepertinya kosa kata itu tidak perlu dan belum pernah ada di kamus kita. Itu tercermin bagaimana rangkain acara demi acara perhelatan ini disiapkan dan pada akhirnya dilakukan.

Saya menjadi salah satu saksi dari semua ini.

Acara Resources/Potential Range Analysis workshop yang dilakukan pada tanggal 2 dan 3 Oktober berjalan layaknya sebuah konferensi meja (setengah bundar) dimana para pesertanya secara aktif dilibatkan dan melibatkan diri berpartisipasi pada setiap prosesnya. Workshop leader-nya mas Noel Pranoto secara luar biasa mampu membuat workshop berjalan dengan sangat-sangat dinamis sementara saya hanya membantu saja membuat diskusi menjadi semakin kaya dengan pokok bahasan komoditi mineral. Tercatat total 12 peserta yang berlatar belakang dunia hitam (coal), dunia kekerasan (hard rock) dan dua dunia (nikel) saling bahu membahu berdiskusi, berargumen untuk menghasilkan kata sepakat pada dua case study yang diberikan dan dilakukan secara interaktif. Latar belakang yang berbeda membuat diskusi menjadi sangat menarik dan kaya. Salut untuk semua peserta. Saya berpikir dan berkata dalam hati: sepertinya sudah lama saya tidak melihat dan memang seharusnya seperti inilah sebuah workshop itu dilakukan . . . . well done!

Acara Tahunan MGEI ke-7 Indonesia's Mineral and Resources: Discovery to Inventory:

Acara digelar di salah satu ruang pertemuan di hotel Novotel Balikpapan. Pada saat sehari sebelumnya kami sebagian PP MGEI bersama rekan-rekan panitia (guys: you are always the best!!)  serta'Student Volunteer' dari rekan-rekan mahasiswa Jurusan Teknik Geologi angkatan dan tahun pertama Universitas Mulawarman (wow!! UnMul memiliki jurusan Teknik Geologi, bukankah ini sebuah kabar baik?) bahu membahu menyiapkan sebaik mungkin untuk perhelatan esok hari. Rapat pemantapan dilakukan pada tanggal 3 Oktober pkl 22:00 sampai pkl 00.45 tgl 4 Oktober.

Tibalah acara utama dimana para peserta, presenter dan student poster contest sudah berkumpul dan siap memulai perhelatan tahunan MGEI 2015 ini. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dipilih menjadi prosesi pembukaan acara ini. Seperti biasa saya (dan saya yakin beberapa atau semua dari kita) selalu merasakan 'suasana yang lain' jauh di relung hati sana setiap saat menyanyikan lagu. Sambutan Ketua panitia, ketua MGEI dan IAGI dilakukan dengan pesan yang hampir sama: apresiasi atas antusiasme dan dukungan dari semua penggiat MGEI berserta pihak-pihak pendukungya termasuk para sponsor kita yang setia dan dermawan.

5 Keynote speaker dari dalam dan luar negeri memberikan orasinya tentang KCMI, JORC 2012, Implementasi serta dua inspiring story satu personal experience satunya lagi by an emerging National Mining House; sebuah kisah 'sukses' yang sangat menginspirasi. Diskusi kritis dan hangat terjadi di setiap sesi tanya jawab.

Acara berlajut ke presentasi beberapa technical paper terkait dengan tema utama 'Discovery to Inventory' yang ditampilkan oleh  beberapa perusahaan-perusahaan 'terkemuka' di negeri ini yang terpilih dan akan berlanjut sampai hari kedua/hari ini. Panitia memang sementara ini memilih perusahaan-perusahaan yang telah menggunakan Kode pelaporan (KCMI dan  atau yang lain spt JORC, NI 43 101 dll) untuk tampil di perhelatan kali ini.  Ada total 24 presentasi termasuk keynote speech student poster winners' presentation yang semuanya tetap memiliki standar yang tinggi dan mengesankan seperti yang sebelumnya baik itu paper maupun presentasinya. Cukup banyak terdapat 'wajah-wajah baru' yang hadir dan tampil dan ini melegakan sekaligus membanggakan.

Acara ini menjadi lebih lengkap dengan tampilnya 10 finalis Student Poster Contest yang berasal dari 5 Universitas di Indonesia dimana 3 pemenangnya akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan poster-poster mereka di depan para peserta seminar. Tema dari poster bervariasi, hampir semua sudah sangat 'industrial related' . . . ini melegakan dan menggembirakan. Salut untuk mereka dan para pembimbingnya!

Acara masih/sedang berlangsung sampai saat tulisan ini dibuat dan dimuat. Update terakhir dari panitia; total penggiat dan pendukung yang hadir di perhelatan RDI ini adalah 150 orang.

Terima kasih kepada segenap panitia (hanya Tuhan saja yang tahu kenapa anda semua begitu kuat dedikasi dan begitu besar semangatnya dalam mengurus kegiatan-kegiatan seperti ini),  para peserta baik yang dengan inisiatif sendiri maupun ditugaskan oleh perusahaan  yang telah mengirim anda, para sponsor yang sangat setia mendukung kami, para peserta Student Poster Contest, Student Volunteer dan pihak-pihak lain dimana kehadiran, support dan militansi yang anda semua berikan dan tunjukkan akan semakin meneguhkan tekad kami untuk selalu ada dan berbuat lebih untuk MGEI.

Kegiatan lanjutan antara lain adalah post convention field trip dan seminggu kemudian ASD workshop yang akan diadakan pada tanggal 12 dan 13 Oktober di Jakarta. See you soon!

Salam,

Budi STJ

Sekjen MGEI

 

Tags: